Menuju MikroTik Academy Partner Program

Pada bulan September 2018, SMKN 1 Tambelangan mendelegasikan admin untuk mengikuti MikroTik Training MTCNA dan MTCRE di SMK Asta Mitra Purwodadi. Kegiatan ini dilaksanakan oleh SMK Asta Mitra Purwodadi bekerjasama dengan ID-Networkers, selaku salah satu Kordinator MikroTik Academy  di Indonesia. Tujuan dari taining ini adalah menyiapkan Trainer Akademi bagi SMK Jurusan TKJ, meningkatan kompetensi, mutu dan kualitas guru menuju program MikroTik Academy  Partner. Acara ini diikuti oleh beberapa sekolah yang mempunyai jurusan TKJ, yaitu:

  1. SMK Asta Mitra selaku tuan rumah
  2. SMKN 1 Purwodadi – Grobogan
  3. SMKN 1 Wirosari – Grobogoan
  4. SMK Pembangunan Nasional Purwodadi – Grobogan
  5. SMK IT Pelita Danyang Purwodadi – Grobogan
  6. SMK Kristen Purwodadi – Grobogan
  7. SMK At Thoat Toroh – Grobogan
  8. SMK Muhammadiyah Purwodadi – Grobogan
  9. SMKN 1 Tambelangan – Sampang

Foto Sebelum Exam Mikrotik MTCNA

MikroTik Academy  adalah program yang ditujukan untuk institusi pendidikan seperti SMK dan Perguruan Tinggi untuk dapat memberikan layanan pengajaran dan training berbasis kompetensi dengan jangka waktu tertentu yang diintegrasikan dalam kurikulum pendidikan sekolah. Sekolah yang resmi ditunjuk untuk menjadi MikroTik Academy  telah melewati beberapa persyaratan antaranya:

  1. Sekolah tersebut telah memiliki trainer bersertifikat Trainer Academy (ACTR ) dimana trainer ini telah memiliki sekuran-kurangnya telah lulus level dasar MTCNA (MikroTik Certified Network Associate) dan Salah satu Skill Advanced dengan skor minimal 75.
  2. Memiliki lab / ruang praktek yang representatif dan akses internet yang stabil.
  3. Sekolah mengirimkan dan menandatangani Mou dengan MikroTik di Latvia.

Keuntungan sekolah yang telah menjadi MikroTik Academy antara lain :

  1. Sekolah bisa mengeluarkan sertifikat MTCNA (resmi kepada siswa yang dinyatakan lulus.
  2. Sekolah mendapatkan bantuan 20 unit Routerboard sebagai media pembelajaran.
  3. Terdaftar di website / portal resmi MikroTik sebagai MikroTik Academy.

Selama 4 hari yaitu pada tanggal 17 – 20 September 2018 diadakan pelatihan MTCNA (MikroTik Certified Network Associate) dan di akhir sesi dilaksanakan exam MTCNA. Alhamdulillah admin berhasil lulus dan mendapat nilai 81. Pada hari berikutnya yaitu 20 – 22 September 2018 dilanjutkan pelatihan MTCRE (MikroTik Certified Routing Engineer), di akhir sesi dilaksanakan exam MTCRE. Hasilnya admin hanya mampu lulus MTCRE dengan nilai 65. Satu-satunya peserta yang bisa langsung mendaftar MikroTik Academy hanya perwakilan dari SMKN 1 Wirosari. Sedangkan dari sekolah lainnya masih harus berjuang di MTCRE agar mendapat nilai 75. Namun kabar baik di berikan oleh trainer Candra Milad Ridha Eislam memberikan kesempatan untuk remidi gratis exam yang belum mencapai nilai 75.

Selanjutnya pada tanggal 19 November 2018 masih bertempat di SMK Asta Mitra Purwodadi dilaksanakan remidi exam MTCNA dan MTCRE. Pada kesempatan kali ini, SMKN 1 Tambelangan, SMK Pembangunan Nasional Purwodadi dan SMK Muhammadiyah Purwodadi berhasil memenuhi persayaratan untuk mengajukan MA.

Foto Sebelum Remidi Exam Mikrotik MTCRE

Setelah lulus MTCNA dan MTCRE langkah berikutnya adalah mendownload dan mengisi beberapa formulir untuk menjadi MikroTik Academy.

Formulir tersebut diprintout rangkap 2 kemudian dikirim ke koordinator. Lagi-lagi admin merepoti mas Candra untuk mengurus berkas-berkas yang diperlukan. Menurut koordinator, setelah berkas di kirim ke MikroTik Latvia, bantuan 20 buah Router Board yang dijanjikan akan di kirim dalam rentang waktu 2 – 3 bulan. Ongkos kirim ditanggung oleh calon MikroTik Academy yang bersangkutan.

Pada tanggal 21 November 2018 SMKN 1 Tambelangan telah mengirim softfile dan hardfile ke koordinator, sehingga diharapkan pada bulan Januari – Februari tahun 2019 sudah resmi menjadi MikroTik Academy dan dapat mempersiapkan siswa/ siswi dalam menyongsong MEA dan menghasilkan lulusan yang berkualitas dan kompeten.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *